Speedtest sudah terkenal dengan layanannya yaitu pengukuran kecepatan internet suatu perangkat. Selain itu, speedtest bisa mengetahui IP kita dan ISP yang digunakan. Namun, biasanya speedtest diakses melalui web browser dan mengandalkan GUI. Dengan perangkat seperti Raspberry Pi saya yang hanya CLI (command line interface), maka kita perlu metode lain untuk mengakses speedtest.

Perangkat saya:

Langkah-langkah:

  1. Buka https://www.speedtest.net/apps/cli lalu scroll kebawah dan klik Download for Linux. Ada beberapa pilihan arsitektur, untuk raspi saya ambil armhf.
  1. Cara pertama file diunduh di laptop/pc lalu di transfer ke Raspberry Pi melalui SSH atau bisa dengan WinSCP (baca: https://nisaik.com/transfer-file-via-sftp-ke-raspberry-pi-menggunakan-winscp/).
  2. Cara kedua yaitu mengunduh langsung di Raspberry Pi dengan memasukkan link yang didapat di web tadi, ketikkan script berikut:
sudo wget -O speedtest-armhf-linux.tgz https://bintray.com/ookla/download/download_file?file_path=ookla-speedtest-1.0.0-armhf-linux.tgz
  1. Gunakan lsuntuk cek apakah file sudah ada.
  2. Extract file tersebut,
tar xzvf speedtest-armhf-linux.tgz
  1. Ketika berhasil diekstrak muncul 3 file speedtest baru. File speedtest berwarna hijau itu semacam executable file. File speedtest.md adalah file documentation, bisa dibuka dengan nano speedtest.md
  1. Jalankan speedtest (apabila muncul agreement ketikkan YES saja.).
./speedtest

Note: Untuk menjalankan speedtest kita harus berada di direktori/folder dimana file speedtest itu ada.

Thanks,
-Nisa