Pada catatan sebelumnya saya menggunakan SSH untuk akses terminal, dan WinSCP untuk transfer file ke Raspberry Pi. Namun keduanya tidak bisa digunakan untuk mengakses interface desktop dari Raspberry Pi. Jadi bila ingin akses ke desktop Raspberry Pi, gunakan VNC.

VNC (Virtual Network Computing) memungkinkan untuk melakukan akses ke desktop GUI dari Raspberry Pi. Cara kerjanya hampir sama dengan TeamViewer. Hanya saja saya pilih VNC karena TeamViewer terasa berat di Raspberry. Penjelasan lebih detail tentang VNC, baca https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_Network_Computing.

Ada beberapa penyedia layanan VNC, kali ini saya mencoba pakai RealVNC. Metode akses bisa secara lokal (direct) maupun internet (cloud). Pada jaringan lokal, proses transfernya dari Raspberry langsung ke laptop. Jika jaringan tidak lokal, maka bisa gunakan layanan cloud dari RealVNC dengan cara buat akun di situs RealVNC.

Perangkat yang digunakan:

  • Raspberry Pi 3 Model B
  • Koneksi Wi-Fi (untuk percobaan saya pakai 2 HP sbg penyedia hotspot)
  • Laptop (Windows)

Software yang diperlukan:

Langkah-langkah:
Sebelum memulai koneksi SSH, pastikan di Raspberry Pi settingan SSH di enable.

Tahap 1 – Koneksi Langsung (Lokal)

  1. Pastikan antara laptop dan Raspberry Pi berada di satu jaringan lokal yang sama. Saya menggunakan hotspot HP untuk menciptakan jaringan lokal antara Raspberry Pi, HP, dan laptop. Ketahui IP Address dari raspberry pi (caranya ada di post sebelum ini).
  2. Buka terminal di Raspberry untuk menginstall VNC server. Jika kondisi tidak ada monitor, gunakan koneksi SSH. (Proses SSH lihat di post sebelumnya)
  3. Konfigurasi VNC dengan sudo raspi-config –> 5 Interfacing Options –> P3 VNC –> Yes
  4. Lakukan update dan upgrade (opsional, tapi saya prefer melakukan ini). Lalu install package RealVNC.
sudo apt update
sudo apt upgrade
sudo apt install realvnc-vnc-server realvnc-vnc-viewer
  1. Buka VNC Viewer di laptop. Masukkan IP Address Raspberry Pi.
  1. Masukkan username dan password dari Raspberry Pi. Jika benar maka langsung masuk desktop Raspberry. Tetapi bila kondisi Raspberry sedang headless, ukuran layar hanya sebesar ini.
  1. Apabila ingin memperbesar layar, saya sarankan keluar dulu dari VNC Viewer. Kembali ke SSH lakukan konfigurasi lewat terminal.
  2. Ketik sudo raspi-config –> 7 Advanced Options –> A5 Resolution –> pilih resolusi yang diinginkan –> OK.
  1. Lakukan reboot dengan command sudo reboot dan tutup koneksi SSH. Tunggu sebentar biarkan Raspberry melakukan reboot/restart.
  2. Buka VNC Viewer lagi dan lakukan login. Resolusi layar berhasil diperbarui.

Untuk melakukan koneksi via cloud jangan tutup dulu koneksi lokalnya karena ada yang perlu di konfigurasi lagi.

Tahap 2 – Koneksi via Cloud
Untuk menggunakan layanan server RealVNC, daftarkan akun dulu di https://www.realvnc.com/en/

  1. Pada Raspberry Pi, pilih simbol VNC di desktop, akan muncul jendela RealVNC. Klik menu sebelah kanan atas –> pilih Licensing
  1. Masukkan email dan password akun RealVNC –> Sign in –> Next
  2. Akan muncul informasi nama team RealVNC
  3. Tutup VNC Viewer, lakukan disconnect dari jaringan lokal. Tetap koneksikan Raspberry dengan Wi-Fi yang mampu terhubung ke internet.
  4. Ganti koneksi laptop ke jaringan Wi-Fi lain (saya pakai HP lain untuk menyediakan koneksi hotspot). Sehingga sekarang antara Raspberry Pi dan laptop tidak dalam satu jaringan lokal yang sama.
  5. Buka VNC Viewer di laptop dan lakukan sign-in ke akun RealVNC
  6. Tunggu beberapa saat untuk sinkronisasi, dan akan muncul Raspberry Pi nya. Jika ingin connect, klik kanan –> Connect.

Tips:
Gunakan VNC bila memang perlu mengakses tampilan grafis dari Raspberry Pi. Jika koneksi internet Raspberry buruk, saat akses prosesnya bisa lemot sekali.

Selesai. Sekarang GUI desktop Raspberry Pi bisa diakses secara remote.

Terima kasih sudah membaca,
-Nisa


Lihat artikel lain untuk panduan awal Raspberry Pi:

Raspberry Pi Setup