Sebelumnya saya menggunakan monitor sebagai media tampilan, yang artinya saya harus menyiapkan monitor dan keyboard setiap kali ingin mengakses Raspberry Pi. Bagi saya hal ini ribet, apalagi jika Raspberry dipasang di lokasi yang susah untuk dipasang monitor atau dipasang di suatu tempat yang jauh dari lokasi saya sekarang. Sehingga saya perlu mengaksesnya secara remote.

Banyak cara untuk mengakses Raspberry pi secara remote. Tergantung hal apa yang ingin diakses dari Raspberry. Apakah perlu mengakses GUI atau akses ke terminal saja.

Tips:
Keperluan konfigurasi di terminal, gunakan SSH.
Keperluan transfer file antar perangkat, gunakan SFTP.
Ingin mengakses GUI atau tampilan, gunakan VNC.

Pada catatan kali ini saya mencoba akses ke terminal Raspberry menggunakan protokol SSH pada jaringan lokal. Perlu dipahami bahwa jaringan lokal berbeda dengan internet.

SSH (Secure Shell) merupakan protokol jaringan untuk melakukan komunikasi yang aman antara 2 perangkat (server dan client). Konsepnya antara 2 perangkat tersebut harus berada di satu jaringan yang sama. Disini Raspberry Pi berperan sebagai server, dan perangkat yang ingin mengakses berperan sebagai client. Penjelasan lebih detail, baca https://en.wikipedia.org/wiki/Secure_Shell.

Perangkat yang digunakan:

  • Raspberry Pi 3 Model 
  • HP yang support hotspot
  • Laptop (Windows)

Software yang diperlukan:

Sebelum memulai koneksi SSH, pastikan di Raspberry Pi settingan SSH di enable.

Langkah-langkah:

Cara pertama – SSH menggunakan laptop

  1. Saya menggunakan hotspot HP untuk menciptakan jaringan lokal antara Raspberry Pi, HP, dan laptop. Koneksikan Raspberry dan laptop ke hotspot HP. Dianggap Raspberry sudah bisa langsung terhubung ke hotspot HP ketika dinyalakan (baca https://nisaik.com/linux/connect-wi-fi-menggunakan-cli-di-raspberry-pi/).
  2. Buka Network Analyzer. Untuk cek IP Address perangkat yang tersambung ke hotspot –> pilih tab LAN Scan –> pilih Scan –> IP Address muncul.
Diketahui IP Address Raspberry Pi = 192.168.43.42
  1. Buka PuTTY –> isi host name dengan IP Address Raspberry Pi –> saya pakai port default 22 –> SSH –> Open
Untuk koneksi pertama kali akan muncul warning, lanjutkan saja.
  1. Terbuka jendela terminal. Muncul login –> ketik pi –> Enter. Setelah itu muncul kosong, memang begitu ketikkan saja password Raspberry Pi –> Enter.
    Apabila password benar maka akan terhubung, dan Raspberry sudah bisa diakses melalui laptop. Jika ingin menutup sesi SSH gunakan command logout

Cara kedua – SSH dengan Android

  1. Ada banyak aplikasi Android untuk melakukan koneksi SSH. Yang pernah saya gunakan Termius dan JuiceSSH. Pada percobaan ini saya pakai JuiceSSH.
  2. Buka aplikasi JuiceSSH. Pilih manage connections.
  3. Tekan tombol + di kanan bawah.
  • Nickname = nama koneksi untuk disimpan, isi saja bebas
  • Type = SSH
  • Address = IP Address raspberry pi
  • Identity = pilih drop down –> New –> Nickname isi bebas –> user = pi –> password raspberry pi –> save
  • Port = 22
  1. Simpan, kemudian accept apabila muncul alert. Tunggu beberapa saat dan otomatis login ke Raspberry Pi.

Selesai. Sekarang tidak perlu menghubungkan Raspberry ke monitor, cukup hubungkan dengan sumber listrik lalu gunakan laptop atau android untuk terhubung ke terminal Raspberry Pi melalui SSH.

Terima kasih sudah membaca,
-Nisa


Lihat artikel lain untuk panduan awal Raspberry Pi:

Raspberry Pi Setup