Halo 😃
Setelah sekian lama vakum akhirnya saya bisa posting lagi hehe. Sebelumnya saya cuma share tentang Raspberry Pi, kali ini saya share tentang model kertas.

Daripada model kertas, sebutan yang lebih sering didengar yaitu Papercraft, ada juga yang menyebut Paper Model. Sesuai namanya, papercraft artinya kerajinan kertas jadi asalkan bahan dasar seninya itu dari kertas maka bisa disebut papercraft. Contohnya seperti origami, kirigami, paper quilling, pop-up paper, paper model, paper toy, dll banyak hehe. Nah untuk paper model itu termasuk papercraft. Biasanya saya pakai sebutan paper model(model kertas) untuk karya yang hasilnya menjadi bentuk 3D yang mirip dengan model aslinya.

Kali ini share hasil build saya yaitu model kertas karakter Trafalgar D. Water Law dari One Piece. Saya dapat desain model ini dari situs papercraftsquare. Tidak tau siapa desainernya, tidak tau juga ini model memang gratis atau premium yang bajakan. Bisa hubungi saya ya kalau tau desainernya, nanti saya beri credit buat desainernya.

Informasi Model & Download:

Alat & Bahan yg digunakan:

  • Kertas BC 160gsm
  • Pen cutter, gunting, pinset
  • Lem, cat air, kuas
  • Laptop, printer

Build per part

  1. Print model dari template yang sudah didownload. Saya print dari file pdf.
  2. Potong pola.
    Karena warna kertasnya putih, maka hasil potongan di bagian pinggiran kertas akan putih. Kalau dibiarkan nanti ketika dirakit terlihat warna putih-putih. Solusinya diwarnai pakai cat air, warnai sesuai warna yg ada didekatnya.

Keuntungan pakai cat air warnanya bisa dicampur supaya dapat warna yang diinginkan. Tingkat cairnya juga bisa diatur. Dulu saya pakai spidol pilihan warnanya terbatas dan ketika diaplikasikan kadang nyerap tintanya bisa banyak, akibatnya jadi terlihat meluber.

  1. Disarankan rakit per bagian dulu, daripada langsung rakit dari atas sampai bawah.
  1. Setelah dirakit per bagian, bisa dilanjutkan untuk dirakit menjadi satu.
    Kesalahan saya sebelum dirakit jadi satu malah saya coba kasih top coat pakai cat pylox clear. Alhasil waktu mau dirakit lagi susah nempel lemnya 😭

Jadi, kalau mau kasih top coat nanti saja waktu sudah dirakit jadi satu. Jangan coba-coba kayak saya 😓

Terlanjur dikasih top coat, habis ini kesusahan ngelem

Full assembly

Penuh perjuangan buat ngelem ini jadi satu

Saya baru nyadar pas masang pedang di tangannya kok susah, ternyata saya salah masang posisi tangannya 😞. Yasudah saya improvisasi yang penting kepasang pedangnya.

Yhaa, akhirnya jadi juga 🎉

Thanks,
-Noodle