Lebih praktis menggunakan WinSCP daripada menggunakan USB flash drive untuk transfer data (file) dari atau ke Raspberry Pi. Apalagi jika nanti Raspberry berada di suatu tempat yang jauh dari jangkauan. Sehingga perlu metode akses secara remote.

Sebenarnya bisa saja langsung menggunakan SSH untuk transfer data. Tetapi, SSH mengakses terminal yang berarti saya harus mengetik manual perintah copy paste dan nama setiap file/folder yang ingin di copy 😧 Proses ini jadi semakin sulit bila nama filenya rumit. Jadi, pakai cara lain saja hehe.

SFTP singkatan dari SSH (Secure ) File Transfer Protocol, merupakan protokol jaringan yang berfungsi melakukan transfer data secara aman. Gampangnya, SFTP itu versi amannya dari FTP (File Transfer Protocol) karena dijalankan lewat SSH. Jadi data yang dikirimkan terenkripsi. Prinsip kerja SFTP juga sama seperti SSH, antar perangkat harus berada di satu jaringan yang sama.

WinSCP merupakan software untuk melakukan transfer file menggunakan protokol SFTP. Software ini menggunakan GUI sehingga mempermudah proses transfer file yeay 😃 Sesuai namanya, ini hanya kompatibel di Windows hehe.

Di percobaan kali ini saya pakai hotspot HP untuk membentuk sebuah jaringan lokal. Tidak harus pakai hotspot HP, bisa menggunakan jaringan Wi-Fi lain bila ada, bisa juga menggunakan jaringan internet apabila IP Raspberry Pi terbaca public.

SFTP juga bisa digunakan untuk transfer file dari Windows ke perangkat lain yang berbasis Linux (tidak harus Raspberry) seperti Linux server. Caranya sama seperti ini, yang penting cukup mengetahui IP Address Linux nya.

Perangkat yang digunakan:

  • Raspberry Pi 3 Model B
  • HP sebagai penyedia hotspot
  • Laptop (Windows)

Software yang diperlukan:

Langkah-langkah:

  1. Supaya Raspberry dan laptop bisa berkomunikasi, saya menggunakan hotspot HP untuk menciptakan jaringan lokal antara Raspberry Pi, dan laptop.
    Ketahui IP Address perangkat:
    Mengecek IP Address Raspberry ketik perintah hostname -I atau ifconfig wlan0 (kalau menggunakan LAN ganti wlan0 menjadi eth0)
  2. Buka WinSCP.
    Gunakan protokol SFTP –> Hostname isi IP Raspberry –> Port number default 22 –> user pi –> Password Raspberry yang digunakan –> Login
Untuk koneksi pertama kali akan muncul warning, lanjutkan saja.
  1. Apabila login benar, akan muncul seperti gambar berikut. Bagian kiri merupakan file direktori dari laptop dan bagian kanan merupakan file direktori Raspberry Pi.
  1. Proses transfer file bisa terjadi dua arah. Dari Windows ke Raspberry dan dari Raspberry ke Windows juga bisa. WinSCP bisa digunakan layaknya file explorer di Windows. Cukup drag and drop untuk copy paste file. Bisa juga melakukan delete file atau buat file baru.
  1. Apabila proses transfer file selesai, jangan lupa lakukan disconnect.

Yak selesai. Semudah itu proses transfer file jika menggunakan GUI hehe.

Terima kasih sudah membaca,
-Nisa


Lihat artikel lain untuk panduan awal Raspberry Pi:

Raspberry Pi Setup